5 mata kuliah IPS dengan prospek karir yang menjanjikan

Nah, sekarang saya ingin memberi tahu Anda bahwa ada bidang studi sosial dengan banyak peluang kerja. Beberapa di antaranya sering dianggap sebagai mata alias, yang jarang diminati. Lulusan program studi Soshum dapat bekerja di hampir semua industri bergaji tinggi. itu aneh? Mari kita bicara tentang mereka masing-masing!

Sosiologi

Anda ingin menjadi aktivis, bukan? Tidak begitu, teman-teman. Sebagai salah satu disiplin ilmu dari keluarga Soshum, sosiologi berkaitan dengan masalah kehidupan individu dan sosial. Untuk apa itu digunakan? Lulusan sosiologi dibutuhkan untuk membuat kebijakan, menganalisis perilaku masyarakat, dan memecahkan masalah sosial. Penggemar walikota ini sangat sedikit di Indonesia. Hingga 2020, hanya 416 pendaftar yang akan terdaftar di Departemen Sosiologi UNAIR. Itu berarti Anda memiliki peluang besar untuk sampai ke sini.

Walikota sosiologi dapat bekerja sebagai pegawai negeri sipil (PNS) karena instansi pemerintah harus membuat kebijakan untuk mengatur kependudukannya. Anda juga bisa menjadi peneliti UX di perusahaan startup. Tugasnya adalah mencari masalah bagi konsumen kemudian memberikan solusi berupa fungsi atau aplikasi pada smartphone. Dingin? Selain itu, lulusan sosiologi berkesempatan menjadi peneliti atau pendidik kehumasan.

Sastra Jepang

Kursus ini tidak sepopuler sastra Korea atau sastra Inggris. Beberapa kampus memiliki permintaan kurang dari 1.000 orang. Jadi bagi kamu yang tidak ingin banyak persaingan, kamu pasti bisa memilih bidang sastra Jepang. Mahasiswa sastra Jepang akan belajar menganalisis buku, film, skenario drama, sejarah Jepang, dan budaya. Anda juga akan mengalami tata bahasa (bunpou), percakapan (kaiwa) dan pemahaman mendengarkan (choukai). Baca juga: Kesedihan Deaze Putri Jadi Penerjemah Drama Netflix

Jangan remehkan lulusan sastra Jepang! Soalnya, mereka bisa bekerja sebagai penerjemah bergaji tinggi. Di Indonesia, banyak perusahaan Jepang yang membutuhkan juru bahasa agar bisnis mereka tetap berjalan lancar. Laporan Payscale, gaji penerjemah Jepang bisa mencapai 75 juta – 99 juta per tahun. Bagi yang suka menonton anime, Anda juga bisa bekerja sebagai penerjemah film dan drama. Akan!

Sastra Indonesia

Bahkan dalam bidang sastra, Jurusan Sastra Indonesia selalu dipandang sebelah mata karena dianggap tidak punya masa depan. Permintaan juga lebih rendah dari disiplin ilmu Soshum lainnya, seperti Manajemen Psikologi. Materi ajar sastra Indonesia meliputi morfologi, sintaksis, pengantar sastra, semiotika dan jurnalistik. Anda juga mempelajari sosiolinguistik dan psikologi sastra. Kedua mata kuliah ini mengkaji penggunaan bahasa dalam situasi tertentu. Baca juga: Memahami Ciri, Struktur, dan Contoh Cerpen

Lalu, apa yang terjadi setelah lulus? Mahasiswa sastra Indonesia sangat dibekali dengan kemampuan bahasa yang baik. Anda bisa menjadi reporter, penulis skenario, atau bahkan pembuat konten. Tidakkah menurutmu? Hal ini dikarenakan lulusan sastra Indonesia memiliki keterampilan membaca, menulis, mendengar dan berbicara. Ini adalah paket lengkap.

Bisnis digital

Bidang keempat dengan prospek kerja bagus adalah bisnis digital. Di Indonesia, perguruan tinggi negeri baru yang menawarkan bidang ini antara lain UNPAD, UPI, UNJ dan UNM. Namun jangan khawatir, beberapa kampus swasta seperti Universitas Katolik Parahyangan dan Universitas Binus memiliki bisnis digital. Jurusan kuliah ips ini umumnya mempelajari penggunaan teknologi dan internet untuk mengembangkan bisnis.

Kursus berkisar dari startup hingga perencanaan bisnis, statistik, pengembangan web, SEO, pemasaran digital, riset pasar, etika konsumen hingga desain produk. Ya, namanya juga perusahaan digital, dengan teknologi Anda kesulitan hari ini. Apakah Anda akan menjadi CEO setelah lulus? Tentu saja bisa! Dengan ilmu dan pengalaman yang didapat selama kuliah, peluang kerja di bisnis digital terbuka lebar. Dari pengusaha, spesialis pemasaran digital, spesialis media sosial, pakar hubungan masyarakat dan banyak lagi.

Psikologi

Psikologi adalah ilmu yang mempelajari perilaku dan perasaan individu. Siswa sering diminta untuk membaca pikiran dan mengobati penyakit mental. Namun, ini bukan konsep. Mahasiswa yang mempelajari psikologi akan belajar menganalisis perilaku lingkungan dan dampaknya terhadap jiwa. Sedangkan pengobatan penyakit jiwa harus dilakukan oleh psikiater. Jadi psikolog dan psikiater berbeda!

One thought on “5 mata kuliah IPS dengan prospek karir yang menjanjikan

  1. I was extremely pleased to discover this page. I want to to thank you for ones time due to this wonderful read!! I definitely appreciated every part of it and I have you bookmarked to look at new information on your web site.

Leave a Reply

Your email address will not be published.