Membantu pemerintah dan masyarakat mengatasi persoalan yang dihadapi adalah tugas pokok

Sesuai Undang-Undang No.18 tahun 2008 tentang pengelolaan sampah, untuk mengatasi persoalan tersebut, diperlukan manajemen pengelolaan sampah yang terpadu mulai hulu hingga hilir dengan sistem pengurangan dan daur ulang.

Selain itu, dalam mengatasi masalah sampah juga tidak cukup hanya menyediakan TPA serta membangun infrastuktur teknis, tetapi juga diperlukan edukasi kultural kepada masyarakat agar melihat dan memperlakukan sampah bukan semata sebagai barang-barang tidak berguna, kotor dan sarang penyakit, tetapi juga perlu melihat sampah sampah dari perspektif berbeda yang memiliki nilai bagi kehidupan.
Saya berharap dengan launching mesin pengolah sampah inovasi Kodam Kodam III/ Siliwangi ini setidaknya bisa meminimalisir produksi sampah rumah tangga untuk Slot Dana diolah menjadi barang berguna dan bermanfaat bagi lingkungan dan kehidupan, sekaligus juga menjadi media edukasi kutural untuk menempatkan sampah sebagai sesuatu yang bisa bermanfat dan memiliki nilai ekonomi apabila dikelola dengan baik.
Kodam III/Siliwangi dengan sumber daya yang dimiliki akan terus berkomitmen untuk melakukan inovasi-inovasi teknologi praktis yang bermanfaat untuk membantu Pemerintah daerah dan masyarakat memecahkan persoalan yang dihadapi, diantaranya masalah pengelolaan sampah.

Membantu pemerintah dan masyarakat mengatasi persoalan yang dihadapi adalah tugas pokok yang melekat dalam diri prajurit maupun institusional Kodam III/ Siliwangi yang akan terus dikedepankan dimanapun berada dan bertugas.
Semoga Mesin Pengolah Sampah Inovasi Kodam III/Siliwangi ini menjadi bukti komitmen dan upaya Kodam III/Siliwangi untuk turut andil berjuang mengatasi dan memecahkan persoalan pengelolaan sampah yang ada di wilayah Bandung Raya, dimana selama ini menjadi persoalan besar yang dihadapi Pemda dan masyarakat di wilayah Bandung Raya. Oleh karena itu, manfaatkan keberadaan mesin pengolah sampah ini dengan sebaik-baiknya dan dijaga dengan baik agar bisa digunakan dalam waktu yang lama serta berfungsi secara optimal untuk menyelesaikan masalah sampah di wilayah Bandung raya ini.

Demikian beberapa hal yang perlu saya sampaikan pada kesempatan ini. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa, senantiasa memberikan kemudahan dan kekuatan kepada kita semua dalam melanjutkan pengabdian kepada TNI AD, bangsa dan yang sama-sama kita cintai.
Sambutan Gubernur Jabar Dr. (HC) Mochamad Ridwan Kamil, ST.,M.Ud.
Assalamualaikum Wr Wb. yang kami hormati bapak Pangdam lll/Slw beserta jajaran dan seluruh tamu undangan pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan yang Mahesa yang telah memberikan kesehatan keselamatan kepada kita semua sehingga kita bisa hadir dalam acara launching inovasi mesin pengolah sampah Kodam III/Slw  Siliwangi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.