Kondisi ini mengakibatkan kendala untuk melakukan kerjasama dan koalisi antar parpol

Permasalahannya adalah proses pencalonan capres dan cawapres tidak sesederhana yang diperkirakan oleh banyak orang. Partai Gerindra mengalami kesulitan jika ingin mewujudkan, agar pasangan ini kembali maju pada pilpres 2024. Sulit, karena terbentur syarat presidential threshold 20% dari jumlah kursi DPR. 

Kondisi ini mengakibatkan kendala untuk melakukan kerjasama dan koalisi antar parpol hingga saat ini belum final. Memang benar, PKB sudah ada penjajakan koalisi dengan Gerindra dengan tujuan supaya Ketumnya yaitu Muhaimin Iskandar mendapat tiket pada Pilpres 2024. Namun, penjajakan koalisi belum sampai pada tahap mengusung siapa yang akan menjadi Capres maupun Cawapres. Bisa saja PKB berbalik dari Muhaimin dan mendukung Sandiaga atau sebaliknya batal berkoalisi dengan partai Gerindra. Jika batal, Pertanyaan berikutnya adalah apakah Sandiaga Uno atau partai Gerindra mampu mengajak PPP termasuk partai lainnya berkoalisi untuk slot pulsa tanpa potongan memenuhi syarat presidential threshold? Jika mampu dan menjadi kenyataan maka calon pasangan ini yaitu : Prabowo-Sandi akan sulit dikalahkan.

Politik dikenal tidak hanya sebagai ilmu yang dipelajari di kampus-kampus. Politik adalah suatu seni untuk meramu yang sulit dan hampir mustahil menjadi niscaya dan mungkin terjadi. Dalam politik segala sesuatu bisa terjadi, apalagi di menit-menit terakhir (injury time) layaknya pertandingan sepak bola. Perbedaan antar parpol yang mungkin saja ada saat ini, nantinya akan dipersatukan oleh kepentingan untuk berkuasa.

Salam Demokrasi

Johnny Plate Mundur?

Johnny Plate Mundur?

Menarik apa yang terjadi dengan perpolitikan tanah air. Pemilu masih setahun lagi, pilpres dan pileg. Toh tensi politik sudah menghangat. Kadang malah sudah memanas.  Apalagi sejak Oktober lalu Nasdem sudah mendeklarasikan calonnya.

Pantas rekan-rekan koalisi pemerintah gerah, dan menarasikan adanya resufle untuk menteri-menteri dari partai besutan Surya Paloh. Toh lebih tiga bulan masih adem saja.
Hari ini, ada hoax mengenai Johnny Plate mundur. Sudah dibantah oleh yang bersangkutan. Menteri Kominfo ini mengatakan, bahwa dirinya fokus pada kerja dan membangun negeri. Hak sepenuhnya pada presiden mau mengganti atau tidak para pembantunya itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.